Pengimplementasikan Solusi Dalam Bentuk Program (Coding)
Penjelasan :1. /* Program Untuk Menentukan Jenis Segitiga*/
- Digunakan untuk memberikan informasi mengenai program yang akan dilakukan yaitu menentukan jenis segitiga
2. #include <stdio.h>
include = masukan
stdio.h = kode ini berisi file-file yang menyediakan fitur output ataupun input, seperti print (output) atau scanf (input), dan stdio.h hanya digunakan pada bahasa c.
Artinya setiap kali program menggunakan atau memasukkan fitur output ataupun input pasti menggunakan kode stdio.h
3. Int Main()
- Main = seperti namanya main yaitu utama, artinya main merupakan fungsi utama yang harus ada di setiap program, main berfungsi untuk memanggil fungsi-fungsi lain untuk melakukan tugasnya masing-masing seperti printf ataupun scanf.
- int = int yang digunakan sebelum main berarti untuk tipe data yang akan dikembalikan.
Artinya Main sebelum Int digunakan ketika main selesai menjalankan program maka int akan mengembalikan nilai menjadi 0, oleh sebab itu pada setiap fungsi main wajib terdapat return 0 (kembalikan 0) seperti pada gambar yang paling bawah.
4. {
- Digunakan untuk menandai awal suatu blok atau grup pada suatu kode
5. Int a, b, c
- Int digunakan untuk untuk menyimpan suatu data bilangan bulat atau desimal
- a, b, c adalah variabel
Artinya int digunakan untuk menyimpan panjang sisi segitiga dalam bentuk variabel a, b, c
6. scanf("%d %d %d", &a, &b, &c);
- Scanf = fungsi scanf adalah membaca dan menginput data yang di masukan pengguna kedalam variabel.
- %d = %d digunakan untuk membaca bilangan bulat, sedangkan dalam "%d %d %d" scanf akan membaca tiga bilangan bulat.
- &a, &b, &c = variabel ini digunakan scanf untuk menyimpan bilangan bulat pada %d dalam bentuk variabel seperti &a atau &b
Artinya scanf("%d %d %d", &a, &b, &c); , scantf akan membaca bilangan bulat pada %d dan menyimpannya dalam bentuk variable &a, &b, dan &c
7. Space
8 - 9. if ((a >= b + c) || (b >= a + c) || (c >= a +b))
printf("Bukan Segitiga");
- if = kalau / jika
- prinft = tampilkan data
- ((a >= b + c) || (b >= a + c) || (c >= a +b)) = pada segitiga salah satu sisi harus lebih kecil dari dua sisi lain, sedangkan pada kondisi :
1. a >= b + c = a lebih besar atau samadengan sisi b ditambah sisi c, maka ini bukan sisi segitiga karna sisi a terlalu besar. 2. b >= a + c = b lebih besar atau samadengan sisi a ditambah c, maka ini bukan segitiga karna sisi b terlalu besar sehingga tidak dapat membentuk segitiga. 3. c >= a + b = c lebih besar atau samadengan sisi a ditambah b, maka ini bukan segitiga karna hanya salah satu sisi yang lebih besar dari sisi lainnya. Artinya sistem akan memeriksa apakah bilangan yang dimasukkan sesuai dengan kondisi-kondisi diatas, jika iya maka sistem akan mengeluarkan output Bukan Segitiga.
10. Else - Jika kondisi tidak sesuai dengan sebelumnya maka akan dilanjutkan ke program selanjutnya
11-12. if ((a == b) && (b == c)) printf("Segitiga Sama Sisi");
- pada segitiga sama sisi, setiap sisi pada segitiga harus sama besar.
Artinya jika suatu segitiga dengan sisi a=b dan b=c maka ketiga sisi tersebut memiliki sisi yang sama maka program akan mengeluarkan Segitiga sama sisi.
13-14. else if ((a == b) || (b == c) || (a == c))
printf("Segitiga Sama Kaki");
- else if = if jika kondisi segitiga tidak sesuai dengan kondisi sebelumnya maka program akan melanjutkan ke else if / jika lainnya.
- pada segitiga sama kaki jika dua dari tiga sisi segitiga memiliki sisi yang sama maka segitiga tersebut termasuk ke dalam segitiga sama kaki.
Artinya sistem akan memeriksa apakah terdapat kondisi ketika sisi a=b, b=c atau a=c, setidaknya dua dari kondisi tersebut benar maka sistem akan mengeluarkan Segitiga Sama Kaki.
15-16. else
printf("Segitiga Sembarang");
- else = selain kondisi sebelumnya
Artinya jika sisi segitiga yang dimasukkan tidak sesuai dengan kondisi-kondisi sebelumnya maka segitiga tersebut termasuk ke dalam segitiga sembarang, maka sistem akan mengeluarkan Segitiga sembarang.
17-18. return 0;
}
- return = digunakan untuk mengembalikan program ke fungsi
- 0 = nilai yang digunakan ketika suatu program berhasil dijalankan
Artinya return pada akhir main digunakan untuk memberitahu fungsi bahwa program berjalan lancar sehingga sistem akan mengembalikan nilai menjadi 0 sebagai tanda bahwa program berjalan lancar.
Klasifikasi Pada Segitiga :
1. Bilangan bulat yang dimasukkan untuk sisi-sisi adalah 4 4 4 maka sistem akan membaca bahwa ketiga sisi segitiga sama, maka sistem akan mengeluarkan Segitiga Sama Sisi.
2. Bilangan bulat yang dimasukkan adalah 4 3 2 maka sistem akan membaca bahwa ketiga sudut tidak memiliki sisi yang sama dan tidak ada dua sisi yang memiliki nilai yang sama, maka sistem akan mengeluarkan Segitiga Sembarang
3. Bilangan bulat yang dimasukkan adalah 4 2 4 maka sistem akan membaca dua dari tiga sudut memiliki sisi yang sama maka sistem akan mengeluarkan Segitiga Sama Kaki
.png)





Tidak ada komentar:
Posting Komentar